Selasa, 18 November 2014

Teratai Tanaman Air dengan Bunga Mempesona

Bunga teratai adalah tanaman hias yang telah lama dikenal. Dalam berbagai naskah kuno, terutama dari India, banyak disebut bunga ini. Memang teratai merupakan bunga yang dianggap suci dalam tradisi Hindu dan Budha.


Sebagai tanaman hias, bunga teratai sungguh menawan. Bunganya yang putih, pink atau kemerahan sanagat cantik mengapung di tengah kolam. Teratai merupakan tumbuhan air yang tumbuh subur dalam air yang bersih. Dengan bentuk dan warna bunga serta daun yang lebar mengambang dipermukaan air, teratai sanagt cocok sebagai penghias kolam taman anda.

Terdapat banyak jenis bunga teratai, sekitar 50 spesies. Tanaman ini tersebar luas di seluruh dunia yang tersebar dari daerah subtropis hingga tropis. Di Inggris, teratai disebut sebagai water lily.
Tanaman teratai memiliki daun yang lebar, berwarna hijau. Daun teratai tidak memiliki lapisan lilin pada permukaannya. Tanpa lapisan lilin, air yang jatuh di daun tidak dapat membentuk buliran air yang akan mengalir.
Mahkota bunga memiliki bentuk yang jauh lebih lebar dibanding kelopak. Warna yang dimiliki sangat bervariasi, namun yang paling banyak ditemui adalah putih, merah atau merah muda. Bunga akan mekar sepanjang hari. Setelah layu, bunga akan gugur tinggal kelopak bunga yang akan berubah menjadi buah.
Buah teratai berwarna hijau yang mengandung 15-30 biji. Pada buah yang tua, warna akan berubah menjadi coklat kehitaman.
Selain sebagai tanaman hias, bunga teratai juga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Bunga teratai berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti demam, batuk, diarre dan sariawan. Bahan yang gunakan meliputi akar, daun biji dan bunga.
Dengan semua keindahan dan khasiat yang dimiliki bunga teratai, mengapa tidak menempatkan bunga tertai sebagai tanman hias di tengah kolam taman rumah anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar