Kamis, 27 November 2014

Percantik Taman Rumah Anda Dengan Bunga Violet

Bunga ini memang kecil, seperti anggrek, warna dominan ungu. Jika anda melihat tanaman ini, mungkin anda tengah menatap bunga violet (Violet odorata). Bunga ini memang cantik dan berbau harum, cocok untuk di tanam di taman rumah anda.
Bunga Violet
Bunga Violet
Meski warna yang dominan adalah ungu, sebenarnya terdapat beberapa jenis bungan violet yang berwarna putih, kuning dan merah. Daunnya berwarna hijau tua dengan bentuk oval. Juga ada yang berbentuk seperti hati. Bunga violet biasanya mekar dibulan Mei dam Juni.
Bunga violet sering digunakan sebagai simbol pengharapan atas kehidupan yang lebih baik dan kesetiaan. Karena itu bunga ini sering dijadikan sebagai bagian dari karangan bunga. Napoleon Bonaparte adalah tokoh terkenal yang sangat menyukai bunga violet.
Bunga violet dapat tumbuh sepanjang tahun. Perawatannya juga tidak sulit. Cukup dengan diberi pupuk dan disiram secukupnya. Tempat yang rindang merupakan tempat yang baik untuk pertumbuhan bunga violet.
Untuk menanam bunga ini, pilihlah media tanah yang subur dengan pH berkisar 6-7,5. Jika pH terlalu tinggi, coba tambahkan jeruk pada tanah yang bersifat basa. Berika pupuk kompos agar tanah gembur dan subur.
Jika saat menanam adalah dari tanaman yang masih kecil, dapat langsung ditanam dalam pot atau tanah. Namun jika menanam dari biji, semailah biji pada saat cuaca dingin. Jika sudah cukuip besar, bisa dipindahkan ke dalam pot atau taman. Atur jarak tanam agar diperoleh penampilan yang cantik maksimal.
Bunga violet membutuhkan tanah yang lembab. Karena itu perhatikan penyiraman, jangan sampai tanah/pot menjadi kering. Selain itu usahakan tanaman terbebas dari rumput liar.
Dengan perawatan dan pengaturan tanaman yang baik, pada saat bunga violet mekar, anda akan mendaptakan bunga yang bukan saja indah, namun harum smerbak aromanya. Selamat mencoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar