Kamis, 27 November 2014

Jenis|Model dan Desain Plafon Rumah Minimalis

Plafon rumah adalah pembatas antara atap dan ruang yang ada di bawahnya. Sebagai pembatas, plafon berfungsi sebagai penahan panas, meredam suara dan juga sebagai tempat untuk menyembunyikan berbagai instalasi listrik.
Plafon Rumah Minimalis
Plafon Rumah Minimalis
Selain untuk fungsi di atas, plafon rumah juga mempunyai efek dekoratif yang besar. Dekorasi ruangan bisa maksimal jika mengguankan plafon. Berbagai bahan dan desain dapat diaplikasikan untuk membuat plafon rumah minimalis anda tampil cantik menawan.

Bahan Plafon

Plafon bisa terbuat dari berbagai jenis bahan. Masing-masing material memiliki kelebihan dan kekurangan.

Plafon Tripleks

Tripleks yang digunakan untuk plafon mempunyai ketebalan berkisar 3-5 mm. Kelebihan tripleks sebagai plafon adalah harganya yang murah, mudah pemasangananya. Namun plafon tripleks tidak tahan terhadap air dan mudah dimakan rayap.

Plafon Gypsum

Salah satu keunggulan dari plafon gypsum adalah banayak sekali motif dan model yang tersedia. Namun gypsum sangat rentan terhadap air. Oleh sebab itu, jangan sampai plafon gypsum terkena kebocoran air sebab jika terkena, gypsum akan hancur.

Plafon Asbes

Asbes merupakan material yang terbuat dari berbagaio campuran, salah satunya adalah silica. Sebagai plafon, asbes mudah dipasang, murah dan tahan terhadap air. Namun karena mengandung silica, maka debu asbes jika terhirup dapat mengganggu kesehatan.

Plafon PVC

Plafon jenis ini merupakan bahan yang sangat tahan terhadap air, karena terbuat dari pvc, sebuah bahan plastik. Dari sisi kualitas sangat baik. Namun hal ini berbanding dengan harga yang cukup mahal.

Plafon Fiber

Fiber merupakan bahan yang tahan terhadap rayap dan air. Hal ini menjadikannya lebih baik dibanding tripleks dan gypsum. Dalam hal berat, bahan ini juga sebanding dengan tripleks. Untuk pemasangannya memerlukan keahlian dan peralatan khusus. Plafon fiber dapat dipasang pada rangka yang terbuat dari kayu dan besi hollow.
Berbagai jenis bahan plafon tersebut dapat diaplikasikan sesuai dengan desain plafon untuk rumah minimalis anda.

Model Dan Desain Plafon

Untuk memaksimalkan keindahan ruangan, plafon juga harus didesain dengan cermat agar ruangan terlihat menawan. Terdapat berbagai model yang bisa diterapkan untuk rumah minimalis anda. Model dan desain yang pertama adalah plafon glass block. Pada model ini terdapat berbagai pola dan desain. Plaing sering glass block diterapkan pada kamar mandi. Meski demikian, bukan berarti ruangan lain tidak dapat menggunakan glass block ini. Satu hal yang penting, plafon glass block diterapkan pada atap dak beton.
Desain yang kedua adalah plafon menggunakan fiber. Fiber merupakan material yang sangat baik untuk menangkal panas matahari. Bahkan terdapat desain plafon fiber yang transparan. tentu ini sangat menguntungkan jika ingin memanfaatkan sinar matahari sebagai penerangan ruang di siang hari. Berbagai motif juga tersedia untuk plafon jenis ini.
Model plafon untuk rumah minimalis berikutnya adalah plafon menggunakan gypsum. Pada plafon ini dapat dibuat berbagai ornamen dan detil yang sangat menarik. Pengerjaannya juga cukup mudah dan harga yang murah. Salah satu keistimewaan gypsum adalah mampu menyamarkan sambungan antar plafon. Untuk pewarnaan juga sangat baik, sebab gypsum dapat dicat menggunakan berbagai macam cat interior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar