Senin, 17 November 2014

PESONA|GAIRAH BAMBU UNTUK TANAMAN RUMAH

Halo pengunjung setia minimalis rumah desain, saya ucapkan selamat datang kembali di blog yang bersisi segala sesuatu tentang rumah. Besar harapan SAYA untuk menjadikan web ini sebagai tempat berkumpulnya bagi semua yang tertarik dengan desain rumah dan pengembangannya, ibu rumah tangga, bapak yang sedang ingin merenovasi rumahnya, arsitek, desainer interior, sipil, tukang taman, dan semua pihak yang menginginkan hunian yang lebih baik.
Kali ini saya  akan membahas penggunaan bambu untuk taman rumah, bambu merupakan tanaman yang tumbuh subur di daerah topis seperti Indonesia. Untuk masalah harga juga tidak begitu mahal, terkadang bambu sering dilupakan karena kalah populer dengan tanaman yang berharga mahal. Karena itulah minimalis rumah desain kali ini akan mencoba sedikit mengekspose bagaimana memanfaatkan tanaman bambu ini untuk mempercantik taman rumah kita tercinta. Bagaimana memanfaatkan tanaman bambu taman rumah? mari kita simak..

bambu taman rumah
Penggunaan bambu untuk taman rumah yang pertama adalah sebagai media rambat tanaman. Taman tampak terlihat asri dan sejuk dengan memanfaatkan bambu sebagai media tanaman rambat. Kesan tropis juga muncul, ditambah penggunaan material dengan unsur alami lainnya tentu akan mempercantik taman rumah.

Bambu juga bisa dipakai sebagai media pengisi pada area transisi taman. Sebagai contoh seperti pada gambar disamping, bambu dipakai sebagai elemen pengisi untuk agar taman rumah terlihat semakin teduh dan sejuk dengan memakainya pada area transisi. Di kombinasikan dengan tanaman berukuran sedang di sekitarnya keselarasan antar tanaman semakin terlihat.

Fungsi bambu bukan hanya sebagai tanaman hias saja, bambu juga bisa dipakai untuk media lampu pada taman kesayangan anda. Sebagai contoh pemanfaatan bambu sebagai tempat menaruh lampu hias pada kolam air seperti gambar disamping. Efek yang ditimbulkan sungguh cantik dengan metode pencahayaan tidak langsung seperti ini. Yang terlihat adalah pantulan alami dari lampu pada bidang dalam bambu, cahaya yang lembut nampak memancar dengan sempurna.

Manfaat bambu selanjutnya adalah sebagai media tanam untuk tanaman anda yang berukuran kecil. Dengan penyusunan yang baik dan peletakan pada spot yang tepat tentu metode ini akan membuat taman semakin cantik. Pada contoh ini, media tanaman bambu disusun secara vertikal dengan tanaman yang dipakai merupakan bunga dengan warna warna cantik. Bambu juga di finishing menggunakan beberapa varian warna merupakan kombinasi yang sempurna.

Aplikasi pemanfaatan bambu untuk tanaman rumah berikutnya merupakan hal yang sudah umum, yaitu memanfaatkan bambu sebagai tanaman hias. Metode bisa juga di terapkan pada area yang sempit dengan memanfaatkan pot yang sesuai dengan ukurannya seperti pada gambar disamping.

Untuk mempercantik taman rumah, kolam sering ditambahkan agar area semakin terlihat alami. Jika anda bosan dengan taman yang penuh dengan element beton dan batu alam anda bisa memakai bambu sebagai sesuatu yang baru pada taman rumah anda. Bambu sebagai salah satu elemen kolam air seperti gambar disamping merupakan salah satu contoh penerapannya.

Add caption
Tidak di ragukan lagi sebenarnya bambu merupakan tanaman yang cantik untuk di pakai pada taman rumah kita. Jika di tata dengan baik, taman rumah anda akan menjadi surga yang indah dimana akan menjadi ruangan favorite untuk menghabiskan waktu berasama orang orang terdekat. Semua tergantung dari yang mendesainnya, tanaman yang harganya mahal kalau tidak di tata dengan baik tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Sekian posting  tetang bambu taman rumah, semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga. Terima kasiH ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar