Senin, 17 November 2014

Cara Membuat Taman Cantik Di Teras Rumah

Rumah masa kini umumnya terkendala dengan luas lahan yang sempit. Sangat sedikit ruang yang tersisa utnuk membuat taman. Salah satu trik adalah dengan membuat taman di teras rumah. Sebut saja taman itu teras taman. Meskipun mungil, tapi cukup membuat cantik rumah.

Teras taman tidak hanya ada di depan rumah. Bisa saja disamping, dibelakang bahkan di balkon rumah. Tentukan saja, apakah teras taman ini untuk taman bunga, taman hijau yang sejuk atau untuk taman fungsional seperti taman sayuran. Jadikan hal tersebut acuan dalam merancang teras taman anda.

Tanaman, Media dan Air

Dengan melihat kondisi teras yang ada, tentukanlah apakah anda akan menanam di tanah, menanam dalam pot atau keduanya. Jika memilih tanaman, pilihlah tanaman yang mempunyai variasi ketinggian berbeda. Atur tanaman sedemikian rupa sehingga didapat variasi warna, tekstur, bentuk dan bunga. Tentukan skema taman sebelum mulai berburu tanaman.
Secara garis besar, pilih tanaman dengan sistem perakaran rendah untuk menyesuaikan dengan lapisan tanah yang tipis. Perhatikan unsur air. sebab air merupakan komponen penting dalam taman terbuka. Bila lahan yang terseia cukup luas, buatlah kolam yang diloengkapi air mancur.
Jika tidak mungkin menanam di tanah, anda bisa menggunakan pot. Pilih pot dalam berbagai bentuk. Untuk menciptakan kesan bersih dan lapang, pilih warna pot yang terang. Dengan menanam dalam pot, anda tak perlu memikirkan sistem drainase. Namun anda harus rajin menyiram, sesuai dengan kebutuhan air tanaman.
Untuk pot, anda bisa berkreasi dengan membuat pot dari kotak kayu misalnya. Dengan kreasi anda sendiri, taman teras anda akan terlihat lebih unik.
Dalam memilih pot, pertimbangkan ukuran teras. Jangan sampai teras penuh dengan pot dan tanaman. Anda jadi kesulitan untuk menikmati keindahannya.
Untuk pengaturan tanaman, tentukan terlebih dahulu fokus tanaman. Tonjolkan tanaman yang paling menarik perhatian. Kemudia pilih tanaman pendukung, sehingga perhatian akan tertuju pada fokus tanaman yang ada taman teras. Atur ketinggian dan warna dan bunga tanaman. Sesuaikan dengan tema taman teras anda.

Pernak-pernik Teras

Agar bisa digunakan untuk tempat istirahat yang nyaman, sediakan sedikitnya 1 set kursi dan meja. Untuk ukuran, sesuaikan dengan ukuran teras. Berikan sentuhan unik yang bersifat personal utnuk furniture yang ada di taman teras.
Faktor cuaca juga perlu dipertimbangkan. Untuk teras taman terbuka, kursi dan meja yng terbuat dari besi tentu lebih awet dibanding dari kayu. Sedangkan pencahayaan saat malam hari, sesuaikan juga dengan luasan teras. Jadi saat anda menikmati keindahan taman teras anda, baik siang ataupun malam hari, anda akan merasa nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar